Aksi Demo Forum Ukhuwah Tolak Rencana Pengesahan RUU HIP

By Teddyredaktur 20 Jun 2020 Politik
Aksi Demo Forum Ukhuwah Tolak Rencana Pengesahan RUU HIP

Keterangan Gambar : Sekitar lima ribu massa gabungan dari berbagai elemen umat Islam Yogyakarta


DIY. Jogjakarta, mediatopnews.com – Sekitar lima ribu massa gabungan dari berbagai elemen umat Islam Yogyakarta antara lain FUI, Kokam DIY, FPI Yogya dan Klaten, MIUMI DIY, Pemuda Pancasila (PP) DIY dan berbagai elemen umat Islam lain siang ini (20/06/2020) mengadakan aksi besar menolak rencana pengesahan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang berlokasi di titik nol Kilometer Malioboro Yogyakarta.

Hadir dan memberikan sambutan antara lain KH. Syukri Fadholi yang merupakan tokoh umat Islam Yogyakarta serta beberapa tokoh Islam lain yang juga ikut memberikan sambutan.


Baca Lainnya :

Perwakilan Pemuda Pancasila DIY juga diberikan kesempatan memberikan sambutan dengan yel yel dan nyanyian “Garuda Pancasila”.

Para tokoh yang berorasi sepakat untuk menyuarakan penolakan terhadap rencana RUU HIP yang diinisiasi oleh DPR RI dan dianggap akan mengaburkan makna Pancasila sebagai dasar falsafah negara sebagai kesepakatan luhur bangsa Indonesia.


Para tokoh tersebut juga mengecam pasal-pasal dalam RUU HIP yang antara lain mengusulkan mengganti Sila Pertama Pancasila dengan “Ketuhanan yang Berkebudayaan”, serta rencana memeras lima sila Pancasila menjadi Trisila, Ekasila.


Tampak dilokasi, aksi tersebut berlangsung dengan tertib dan aman dengan dikawal ketat oleh aparat kepolisian RI serta aparat keamanan lainnya. (PSO)

(Red/Asep Nana)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment