Anak Berkebutuhan Khusus Ikut Serta Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)

By Teddy 28 Nov 2020 Pendidikan
Anak Berkebutuhan Khusus Ikut Serta Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)


Jawa Barat, mediatopnews.com -- Berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, bahwa setiap tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

Hal ini yang melandasi Yayasan Al-Ghifari dan SD Plus Al-Ghifari Bandung yang berkolaborasi dengan Komunitas Pohon Indonesia menggelar gerakan menanam pohon di bantaran sungai Cinambo, RW 03, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu, 28 November 2020.

Baca Lainnya :

Tidak seperti biasanya, gerakan menanam pohon kali ini tidak hanya melibatkan orang dewasa namun juga mengikut sertakan puluhan anak-anak disabilitas berkebutuhan khusus.

Ketua Pengurus Yayasan Al-Ghifari Dr. H. Tom Maskun, M.Pd., mengatakan, "Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, kami bukan hanya memberikan bimbingan pendidikan teori secara daring kepada para peserta didik, tapi juga memberikan ruang aktivitas untuk para peserta didik agar bisa lebih mencintai dan peduli lingkungan," kata Dr. H. Tom Maskun.

Ruang aktivitas yang diberikan lanjutnya, "Adalah melibatkan anak berkebutuhan khusus SD Plus Al-Ghifari untuk menanam beberapa jenis bibit pohon di sekitar bantaran sungai Cinambo, Kota Bandung," terangnya.

"Salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pendidikan karakter terhadap anak berkebutuhan khusus terkait pentingnya memelihara lingkungan, khususnya di bantaran sungai," ungkap Tom Maskun.

"Anak-anak diajarkan bagaimana cara memilih bibit pohon, manfaat pohon, cara menanam pohon dan bagaimana cara merawat pohon agar tumbuh baik," tuturnya.

Tom Maskun juga menyebutkan, untuk mengidentifikasi jenis pohon, agar setiap bibit pohon yang ditanam diberi label, antara lain nama pohon, nama latin pohon, kegunaan/manfaat pohon, dan nama yang menanamnya.

Sementara Kepala SD Plus Al-Ghifari, Roby Awaludin, SE., mengatakan, "Kegiatan ini adalah bentuk pengenalan lingkungan kepada anak berkebutuhan khusus. Kami ingin menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus juga bisa peduli terhadap lingkungan, lewat cara paling simpel yaitu dengan menanam pohon," katanya.

"Kami sangat senang melihat keceriaan mereka, peluh keringat, tangan kecil anak berkebutuhan khusus dibantu oleh para guru dan orang tua dan disaksikan pengurus RW setempat mengaduk tanah kemudian memasukan bibit pohon kedalam lubang tanah dan menutupnya kembali," ujar Roby sambil tersenyum.

Jenis bibit pohon yang ditanam antara lain, pohon durian, pohon jambu biji, pohon mangga, pohon nangka, pohon rambutan dan jenis pohon lainnya. Bibit pohon yang berbuah dipilih, karena memiliki banyak manfaat, mulai sebagai peneduh dan juga berbuah.

"Waktu penanaman digelar saat musim penghujan, agar tanaman mendapat suplai air yang cukup. Jika anak-anak kita yang berkebutuhan khusus saja bisa dan mau merawat lingkungan, kenapa kita tidak," pungkas Roby yang tentunya mengajak kita semua agar lebih peka dan ikut menjaga serta merawat lingkungan sekitar kita.



(Hery)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment