Bangkitkan Wisata Desa Dengan Aplikasi PARTRIP

By Teddy 20 Feb 2021 Teknologi
Bangkitkan Wisata Desa Dengan Aplikasi PARTRIP


Jawa Barat, mediatopnews.com -- Sebuah karya anak Bangsa yang dinamakan Aplikasi PARTRIP memang pantas mendapatkan jempol. Pasalnya, aplikasi ini akan menjadi solusi bagi Seluruh Desa-Desa di Indonesia dalam mengakses segala potensi di wilayahnya masing-masing.

Baca Lainnya :

Saat ditemui, Direktur Utama PT. Mega Data Solusindo, Herry H, S,kom., M.M., mengatakan, "Aplikasi ini diciptakan oleh saya sendiri bersama tim IT yang cukup lama sekitar hampir setahun. Disitu banyak sekali modul-modul dan jenis-jenisnya yang diantaranya tentang kebutuhan khusus pariwisata, UMKM, hotel-hotel, kuliner dan layanan publik," terang Herry yang didampingi Ny. Tintin di ruang kerjanya Jl. Cakrawala No 6, Sabtu (20/02/2021).


"Dalam mensosialisasikan aplikasi PARTRIP di Kabupaten Garut ini kami didampingi oleh sebuah Organisasi Sahabat Polisi yang diketuai oleh Bapak Deni Gartiwa DPC Kabupaten Garut, yang mana alhamdulillah direspon baik juga oleh Wakil Bupati Garut, beliau sangat mendukung program Digital Desa," ungkap Herry.


"Atas support-nya kita juga diarahkan untuk mensosialisasikan aplikasi ini melalui apdesi-apdesi diseluruh Kecamatan Kabupaten Garut. Insya Alloh, awal Maret Ini sudah mulai kita implementasikan di beberapa lokasi," katanya.

Saat ditanya tentang kendala yang dihadapi, Herry mengatakan, "Untuk kendala saat ini di Kabupaten Garut adalah masalah blank spot internet jadi ada sebagian Desa yang koneksi internetnya kurang bagus. Selanjutnya, kita bersama kominfo atau dinas terkait akan mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut," ujarnya.

"Dalam Aplikasi PARTRIP ini ada namanya SAKU DESA yang bertujuan untuk membantu Administrasi Desa dan akan terhubung linknya ke dinas-dinas seperti DPMD Kependudukan termasuk Bupati sendiri. Melalui aplikasi itu baik perkembangan Desa, kegiatan Desa dan penduduknya akan dengan mudah terdeteksi," paparnya.

"Semoga Kabupaten Garut sebagai pilot project dapat memaksimalkan manfaat Aplikasi PARTRIP, tentunya kita juga akan mengembangkan aplikasi ini ke Kabupaten-Kabupaten lainnya," tutup Herry.


Ditempat yang sama, Marketing Manager PARTRIP, Mokhamad Syaiful Sidik, S.pd., mengatakan, "Sampai saat ini kita belum menemukan kendala-kendala, yang akan menjadi tolak ukur adalah pemahaman mereka terhadap aplikasi ini. Aplikasi ini bukan hanya sekedar aplikasi digital tapi aplikasi ini betul-betul akan menjadi sebuah kebutuhan buat mereka," terangnya.

"Berdasarkan pertemuan dengan Wakil Bupati, alhamdulillah, wakil bupati sudah merespon dengan baik, beberapa hari yang lalu rekanan kita di Garut bertemu dengan Sekda Garut yang juga merespon dengan baik. Intinya bahwa aplikasi ini betul-betul bergerak dari bawah dulu target kita untuk awal adalah menjadikan Desa digital," katanya.


Yang jelas, lanjutnya, "Aplikasi ini akan terhubung bukan hanya ke Kepala Desa saja tetapi masyarakat, Kecamatan, Kepala Dinas sampai ke Bupati. Sehingga aplikasi ini dapat membantu memudahkan database juga merupakan aplikasi desa wisata yang tentunya masyarakat dapat mengupload semua sumber daya manusianya baik sumber daya alam dan sumber daya kebudayaan," kata Mokhamad Syaiful Sidik yang akrab disapa Kang Epul.

"Sampai saat ini, alhamdulillah, responnya positif karena memang ini yang mereka cari yang mana akan memberikan sebuah edukasi kepada masyarakat, kemudian karena ini di upload secara internet secara dunia maya maka ini akan menyebar ke seluruh Indonesia sehingga akan mengundang para investor untuk bisa mengeksekusi potensi-potensi yang ada," ucapnya.


(Redaksi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment