Codeigniter, frmework yang simple, ringan dan cepat

By Dias Amitriono 12 Jun 2020, 18:16:53 WIB Teknologi
Codeigniter, frmework yang simple, ringan dan cepat

Keterangan Gambar : Framework ringan untuk PHP dinamis


Codeigniter atau sering di singkat dengan sebutan CI, adalah sebuah framework untuk pemrograman PHP, Nah apakah pengertian dari Framework? Framework dapat juga diartikan sebagai kerangka kerja, yaitu merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap di gunakan sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan dari seorang programmer, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal.

Codeigniter sendiri adalah sebuah web application network yang bersifat open source, alias gratisan. Biasanya digunakan untuk membangun aplikasi web yang berbasis PHP, bertujuan agar aplikasi tersebut bisa lebih dinamis. Codeigniter menjadi sebuah framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) yang memungkinkan para programmer bisa lebih cepat dalam pembangunan sebuah aplikasi website yang bersifat dinamis. Biasanya template Codeigniter juga di lengkapi dengan dokumentasi yang sangat lengkap disertai dengan contoh implementasi code nya, dan itu membuat Codeigniter banyak di sukai oleh sekian banyak programmer PHP, selain framework Laravel. Karena Codeigniter mempunyai banyak kelebihan, maka pembuat PHP Rasmus Lerdorf memuji Codeigniter sebagai Framework yang cepat dan ringan.


Baca Lainnya :



Codeigniter pertama kali dikembangkan pada tahun 2006 oleh Rick Ellis, dengan lambang logo api yang menyala, di ibaratkan Codeigniter dapat membakar semangat para Developer aplikasi web untuk mengembangkan web yang dinamis dengan lebih cepat.

Berikut adalah tehnik MVC atau konsep yang memisahkan komponen utama Codeigniter menjadi tiga bagian :

-       Model

Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database. Seperti misalnya mengambil data dari database, menginput dan pengolahan database lainnya. Semua instruksi yang berhubungan dengan database semua nya di letakkan dalam model.

-       View

View merupakan bagian yang menangani user interface atau halaman yang muncul pada user. Tampilan dari user interface di kumpulkan dalam view untuk memisahkannya dengan controller dan model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan.

-       Controller

Controller merupakan kumpulan Instruksi aksi yang menghubungkan model dan view, jadi user tidak berhubungan dengan model secara langsung, inti nya dari view kemudian controller yang mengolah instruksi.

Untuk memulai cara menggunakan Codeigniter sangatlah mudah. Kita dapat langsung mendownload Codeigniter pada situs resmi nya www.codeigniter.com, kemudian kita tinggal meng ekstrak isi dari folder Codeigniter pada server localhost apache. Jika kita menggunakan database maka setting database di folder “controller—config—database.php”, untuk memastikan arah dari dns lokal kita, maka kita bisa edit di folder “controller—config—config.php” edit “base url” dengan alamat dns yang hendak kita tuju. Mudah bukan?

 

( dias )




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment