Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Dampingi Kedutaan Besar Denmark Kunjungi PT. MCAB

By Teddy 26 Okt 2020 Pemerintahan
Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Dampingi Kedutaan Besar Denmark Kunjungi PT. MCAB


Jawa Barat, mediatopnews.com -- Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi mendampingi Kedutaan Besar Denmark Mr. Jacob kunjungan ke IPAL PT. MCAB di Jalan Cisirung Kelurahan Pasawahan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Senin (26/10/2020).

Selain Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi, tampak juga perwakilan dari PT. APK, perwakilan DLH Prov. Jabar, perwakilan PT. Desmi bidang pengambilan sampah di sungai, Sekretaris Satgas Citarum dan Konsultan PT. MCAB. Kedatangan kedutaan Denmark dan rombongan ke PT. MCAB bertujuan untuk melihat proses pengolahan limbah dari pabrik.

Baca Lainnya :


Dalam pelaksanaannya, perwakilan dari PT. MCAB menjelaskan, proses atau siklus pengolahan limbah di IPAL MCAB kemudian dilanjutkan dengan meninjau proses pengolahan limbah dengan sistem kimia di mesin DAFT. Selain itu, rombongan juga meninjau pengolahan dengan menggunakan bakteri di bak biologi.

Pada kesempatan tersebut, Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi menyampaikan, "Hari ini pihaknya menerima kunjungan dari Kedutaan Besar Denmark dalam rangka memperlihatkan proses limbah dikawasan Sungai Citarum," ucapnya.


"Saya sudah jelaskan tentang proses pengolahan limbah disini karena di negara mereka air sangat mahal dan sangat berharga sekali," ujar Kolonel Kav Purwadi.

Lebih lanjut dikatakannya, "Berdasarkan peraturan Menteri LHK, semua pabrik diharapkan melakukan Pre-Treatment sehingga tidak menimbulkan beban berat bagi pengolahan limbah. Hasilnya harus seperti air ledeng dan berlanjut Recycle, namun bila COD rendah maka bisa dibuang ke sungai," terangnya.

"Untuk memastikannya, maka Satgas Citarum akan terus memeriksa dan melakukan pemeriksaan sarana serta prasarana yang mendukung langkah PT. MCAM dalam mengolah limbahnya," tegas Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi.

Masih menurut Dansektor 7, ia sudah menjelaskan kepada perwakilan Kedubes Denmark, mulai bagaimana pabrik membuang limbah dan menyalurkan limbah ke PT. MCAB.

"Lalu di MCAB diolah dengan proses kimia dan proses biologi sehingga kedepannya ini akan direvitalisasi. Sekarang baru 22 pabrik yang diolah limbahnya oleh PT. MCAB dan kedepan bisa lebih," papar Kolonel Kav Purwadi.

Kepala perdagangan di Kedubes Denmark untuk Indonesia Jacob Kahi Jepsen mengaku, pihaknya hari ini mencari tau tentang penanganan air limbah.

"Kami berkesempatan untuk melihat langsung keadaan disini, melihat tantangan yang ada. Sejak Jumat kami berdiskusi dengan baik," jelasnya usai melakukan kunjungan ke PT. MCAB ( Mitra Citarum Air Biru) di Cisirung.

Usai peninjauan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cendra mata, konferensi pers dan sesi foto bersama. (Pendam III/Siliwangi).


(Redaksi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment