DuckduckGo, mesin pencari yang aman bagi aktivitas pencarian di dunia maya

By Dias Amitriono 10 Jun 2020, 23:50:53 WIB Teknologi
DuckduckGo, mesin pencari yang aman bagi aktivitas pencarian di dunia maya

Duckduckgo adalah sebuah mesin pencari yang notabene serupa dengan Google, Yahoo, Bing, dan Yandex. Hanya saja perbedaan yang paling mencolok dari mesin pencari ini adalah, mesin pencari ini tidak akan melacak aktivitas pengguna nya saat online, baik dari cookies, bahkan alamat IP pun di sembunyikan. Duckduckgo juga menawarkan versi terenkripsi yang secara otomatis mengubah tautan dari sejumlah situs ke versi terenkripsi dari situs web tersebut. Maka tidak heran kalu Duckduckgo juga sangat di minati oleh banyak orang, terutama orang-orang yang ingin berseluncur di dunia maya dengan cara yang aman.



Baca Lainnya :


Duckduckgo didirikan oleh Gabriel Weinberg pada tanggal 29 February 2008 di Valey Forge, hingga saat ini mengalami banyak pengembangan yang cukup besar. Jumlah Query yang masuk sudah tercatat sebanyak 49.855.908 per hari, hingga January 2020.

Yang membuat search engine ini begitu dikenal banyak orang adalah, karena kebijakan privasi mereka. Seperti sudah di jelaskan sebelum nya, bahwa search engine ini tidak akan mengumpulkan berbagai informasi pribadi dari pemakai nya. Tidak seperti alat pencarian yang saat ini paling populer di dunia, yang selalu mengambil informasi dan data-data kegiatan selama kita berselancar di dunia maya, dengan tujuan dijadikan sebagai big data dan di jual kepada perusahaan-perusahaan yang data nya di sesuaikan dengan item-item yang kita cari.

Fitur Bang di Duckduckgo, yang merupakan shortcut dapat dengan cepat menghubungkan para pengguna kepada situs-situs web yang pas dengan kebutuhan mereka. Selain secure untuk di gunakan, ternyata Duckduckgo juga tidak memiliki banyak iklan. Duckduckgo menjaga seminimal mungkin hasil pencarian dari iklan, dan hanya beberapa iklan yang sesuai dengan kata kunci yang dicari dan bukan dari pelacakan profile pribadi.

Jadi bagi yang awam dengan sebuah mesin pencari, dan ingin berkegiatan dengan aman di dunia maya? Silahkan coba mesin pencari yang satu ini.

( Dias )




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment