Hiking, untuk mengenal Wisata Gunung Papandayan

By Dias Amitriono 17 Jun 2020, 00:04:24 WIB Wisata
Hiking, untuk mengenal Wisata Gunung Papandayan

Keterangan Gambar : Areal masuk Wisata Gunung Papandayan


Hai para pembaca yang budiman, kali ini kita akan membahas tentang wisata yang mungkin tidak kebanyakan orang awam suka melakukannya, yaitu Wisata Mendaki Gunung, tepatnya yang akan saya bahas disini adalah Gunung Papandayan. Baik sebelum kita mulai, saya ingin mengatakan, bahwa negara kita Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata bagus, jadi mari kita biasakan untuk jalan-jalan di negri kita sendiri. Negara lain memang memiliki alam yang indah, tapi Indonesia tidak kalah indah nya lho…


Baca Lainnya :

Nah kita kembali lagi ke Wisata Gunung Papandayan. Gunung ini terletak di Garut, puncak nya sangat mudah di capai, mungkin karena tidak terlalu tinggi, dan gunung ini berbeda dengan gunung yang lain. Gunung-gunung yang lain kebanyakan kawahnya berada di puncak, tapi gunung ini memiliki kawah yang berada di tengah-tengah. Jadi bila nanti anda kesana, perjalanan dari basecamp bawah menuju ke camping ground Pondok Saladah, anda akan melewati kawah nya terlebih dahulu. Kawah nya masih aktif, berasap putih, berbunyi seperti kompor bertekanan tinggi, dan memiliki bau belerang lumayan pekat. Jadi disarankan bila ingin ke sana, jangan lupa bawa masker untuk melindungi pernafasan anda.


Setelah menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam berjalan kaki, maka anda akan bertemu dengan camping ground Pondok Saladah, disitu kita bisa mendirikan tenda dan istirahat. Sekali lagi saya katakan, gunung ini tidak seperti gunung yang lain, karena di areal Pondok Saladah sudah ada orang-orang setempat yang menjual makanan dan jajanan, bahkan WC Umum pun ada, jadi jangan takut tidak bisa mandi atau kekurangan makan disana, ini tidak seperti gunung kebanyakan, gunung ini benar-benar tempat wisata untuk anda dan keluarga.




Setelah menginap semalam di Pondok Saladah, maka pagi hari tidak ada salahnya untuk berjalan menuju puncak dari gunung ini, melewati jalan setapak. Tempat pertama yang kita capai adalah Hutan Mati, di situ kita akan menemui areal yang luas dengan pohon-pohon yang sudah terbakar, tapi beberapa pohon masih berdiri kokoh dengan keadaan gosong. Terlihat tandus tapi sangat indah untuk berfoto jika cuaca cerah, maupun hanya duduk-duduk minum kopi, tapi biasanya Hutan Mati berkabut tebal kalau anda sedang tidak beruntung.


Setelah dari Hutan mati kita berjalan lagi ke atas, baru kita akan menemui puncak dari gunung ini. Berbeda dengan gunung-gunung kebanyakan, yang di puncak biasa nya terdapat kawah, tapi di gunung ini puncak nya justru kebun bunga Edelweis. Benar-benar kebun Edelweis yang luas dan menghampar, bisa di jadikan tempat foto yang sempurna bagi para pemburu pemandangan.




Nah jika anda masih penasaran dengan tempat wisata ini, silahkan atur jadwal anda dan coba untuk datang kesana, tapi pastinya setelah larangan Covid-19 ini berakhir. Dijamin tidak menyesal.

 

( Dias )




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment