Inilah Analisa Yuridis Tentang Apakah Public Figure GA Bisa Bebas Demi Hukum

By Teddy 04 Jan 2021 Hukum
Inilah Analisa Yuridis Tentang Apakah Public Figure GA Bisa Bebas Demi Hukum


Jakarta, mediatopnews.com -- Menanggapi kasus sosok public figure Gisella Anastasia (GA) yang saat ini sedang hangat diperbincangkan Dr. H. Firman Adi Candra, S.E., S.H., M.H., salah satu pengacara yang sudah tidak asing lagi di dunia entertainment memberikan statement kepada awak media.

Menurut Dr. H. Firman Adi Candra, S.E., S.H., M.H., yang akrab disapa Mas Firman ini mengatakan, "Kesalahan (dolus) merupakan unsur yang fundamental disamping sifat melawan hukum dari perbuatan yang harus dipenuhi agar subjek hukum dapat dijatuhi pidana," ucap Firman yang berkantor di Graha Fatour Ruko Grand Galaxy City RGA 99, Jalan Boulevard Raya Barat, Bekasi Selatan, Senin (04/01/2021).

Baca Lainnya :

"Dipidananya seseorang tidaklah cukup apabila orang itu telah melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum atau bersifat melawan hukum. Jadi, meskipun pembuatnya memenuhi rumusan delik dalam undang-undang dan tidak dibenarkan, namun hal tersebut belum memenuhi syarat untuk menjatuhkan pidana," katanya.

Untuk pemidanaan lanjutnya, "Masih perlu adanya syarat, bahwa orang yang melakukan perbuatan itu mempunyai kesalahan atau bersalah dan orang tersebut harus dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya. Jika dilihat dari sudut perbuatannya baru dapat di pertanggungjawabkan barulah berlaku apa yang disebut Asas Tiada Pidana Tanpa Kesalahan," terang Firman.

"Kesalahan juga ada beberapa, seperti kesalahan dengan maksud atau kemungkinan atau artis GA tersebut melakukan kealpaan (culpa)," pungkas Firman Candra yang sukses menangani beberapa kasus besar seperti kasus Mantan Bendum Partai Demokrat M. Nazaruddin, Kasus PLTS Kemenakertrans, Kasus pembangunan Gardu Induk PLN dan beberapa kasus Korporasi lainnya.


(Redaksi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment