Kawasan Wisata ARBORETUM PARK Peringati Hari Pohon Sedunia

By Teddy 22 Nov 2020 Wisata
Kawasan Wisata ARBORETUM PARK Peringati Hari Pohon Sedunia


Jawa Barat, mediatopnews.com -- Hari ini, tepatnya tanggal 21 November 2020 diperingati sebagai hari pohon sedunia. Sejarah mencatat bahwa hari ini sebagai tanda penghormatan untuk salah seorang warga Amerika sebagai pencinta alam yaitu J, Sterling Morton yang merupakan salah satu penggagas gerakan menanam pohon.

Kawasan Wisata ARBORETUM PARK Cigadog Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, pagi tadi telah dilaksanakan peringatan penanaman pohon sebagai salah satu kawasan wisata edukasi bagi masyarakat, karena pohon merupakan salah satu sumber penghidupan bagi kita semua. Dapat dibayangkan, seandainya hutan tidak dijaga maka tentunya akan berdampak bagi kita.

Baca Lainnya :


Kepala Desa Alamendah Awan Rukmawan menggagas gerakan penanaman pohon pagi tadi bersama masyarakat mulai dari lembaga desa seperti  Bumdes , LMDH, Perhutani, FK3I Jabar, para tokoh masyarakat, para ketua RW dan ketua RT se-wilayah Desa Alamendah yang juga dihadiri oleh Camat Rancabali, Kepolisian dan seorang tokoh (Eyang Memet) yang merupakan pemerhati Lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Dadang Hermawan S.,S.Ip., M.AP., selaku Camat Rancabali, mengatakan, "Program tersebut sejalan dengan program yang dijalankan oleh pemerintah Bupati Kabupaten Bandung dengan nama program SETAPOK (Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan)," terangnya.


"Saya sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada kepala Desa Alamendah beserta jajarannya juga segenap Perhutani Bandung Selatan, serta masyarakat yang telah sejalan dengan program Bupati tersebut. Hal ini merupakan aplikasi dari hari menanam pohon sedunia yang diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Alamendah," ujarnya.

Saya juga mengingatkan, lanjutnya, "Protokoler Covid-19 harus selalu dijaga, dengan melaksanakan 3 M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan Dengan Sabun), warga diharapkan selalu waspada terhadap Virus Covid-19 dilingkungan," pesannya.


Tampak dilokasi, Acara penanaman pohon tersebut dilaksanakan sesuai dengan melaksanakan protokol kesehatan. Selain itu tidak semua warga dan lembaga hadir dalam acara tersebut.

Masih ditempat yang sama, Camat Rancabali mengatakan, "Saya berharap warga tetap melestarikan alam untuk keamanan serta kenyamanan wilayah Desa Alamendah dan seluruh masyarakat khususnya Kecamatan Rancabali umumnya Kabupaten Bandung," katanya.


"Perizinan diberikan bukan berarti harus berhenti disitu, namun ada hal lebih besar yang bisa menjadi nilai tambah bagi ekonomi agar masyarakat berkolaborasi dengan perhutani atau stakeholder lainnya yang bisa menjaga ekologi lingkungan yang ada nilai social dan ekonomi," ungkapnya saat menerima Pembagian masker secara simbolis dari Perhutani.

"Kawasan ARBORETUM PARK ini berada disisi bawah sisi gunung Patuha dan dijelaskan bahwa kawasan gunung Patuha ini masih ada jenis- jenis hewan Endemik seperti elang jawa dan Tikukur yang merupakan nilai tambah yang harus kita jaga dan dilestarikan dalam kesatuan melalui kepedulian alam dan lingkungan," jelasnya.


Ditempat yang sama Ketua LMDH, mengatakan, "Saat ini kita sangat konsen dan peduli dengan Covid-19. Karena itu mari kita ikuti kebijakan dan peraruran pemerintah. Perlu diketahui, Kayu yang telah ditanam dikawasan ARBORETUM PARK ini kini sudah mencapai 4500 jenis pohon, ini merupakan tahap awal dan akan terus ditingkatkan lagi," tutup Ketua LMDH.

Sementara itu, Kades Alamendah Awan Rukmawan, menyampaikan, "Pohon merupakan sumber penghidupan bagi kita semua, karena 99% warga Alamendah bersumber pada pertanian maka pasokan air harus tetap terjaga. Bayangkan seandainya hutan ini gundul dan tidak ditanami, tentunya kita akan kesulitan. Karena itu, Jagalah lingkungan, intinya lingkungan ini akan baik kalau kita baik menjaganya dan lingkungan akan sehat kalau baik menjaganya," ungkap Kades.


"Tanggung jawab bagi kita semua sebagai tanggung jawab warga, lembaga kita harus bisa bersatu bersama-sama dengan satu arah dan satu tujuan yang bisa bermanfaat bagi kita dan yang lain, ARBORETUM PARK ini bukan merupakan milik Desa, lembaga atau pribadi tetapi ini milik masyarakat Desa Alamendah," tegasnya.

"Dalam mendukung program Presiden, tahun 2021 bahwa target pasca Covid-19 yaitu program peningkatan ekonomi Desa. Dan Desa Alamendah sudah dimulai pada tahun 2020," katanya.

"Penanaman pohon ini jangan hanya seremonial belaka, mari kita terus jaga dengan system kerjasama dan sitem manfaat bersama. Intinya  dengan penanaman ini kita lanjutkan penghijauan lagi," pungkasnya.



(Gusniawan)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment