Komite Investigasi Negara Republik Indonesia (KIN RI) Melindungi Negara Melalui Investigasi

By Teddyredaktur 15 Jun 2020, 12:16:30 WIB Metropolitan
Komite Investigasi Negara Republik Indonesia (KIN RI) Melindungi Negara Melalui Investigasi

Keterangan Gambar : Jenderal (Purn) TNI Tyasno Sudarto bersama Staf Khusus WAKA KIN RI Amran Rusnadi, S.T.


Jakarta, mediatopnews.com -- Komite Investigasi Negara Republik Indonesia (KIN RI) yang di Ketuai oleh Jenderal (Purn) TNI Tyasno Sudarto periode 2018-2023 dan Amran Rusnadi, S.T., sebagai Staf Khusus WAKA KIN RI serta Fenny Kaligis sebagai Koordinator Staff Khusus Wilayah Kaltim dan H Muhya Hadian sebagai Wakil Staff Khusus Kordinator KIN DA Jabar yang berkantor di Jl. Mega kuningan Barat, kav 4 No1, jakarta.


Staf Khusus WAKA KIN RI, Amran Rusnadi, S.T., mengatakan, "Komite Investigasi Negara Republik Indonesia (KIN RI) terbentuk di Jakarta pada hari senin (06/6/2016), yang mana dibentuk oleh orang-orang profesional yang memiliki integritas dan komitmen yang tinggi terhadap negara yang merupakan lembaga independen dan tidak beralifiasi kepada parpol atau kelompok manapun. KIN RI berpegang teguh kepada pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara", terangnya.

Baca Lainnya :

"Sesuai nama yang disandangnya, KIN bertugas untuk melakukan investigasi terhadap segala jenis Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan (ATHG) terhadap negara", kata Amran kepada awak media, minggu (14/6/2020)


"KIN RI dengan cita-cita nasional sebagaimana yang diamanatkan oleh proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu mencapai masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur", tegasnya.

Masih di tempat yang sama, Staf Khusus WAKA KIN RI Amran Rusnadi, S.T., menyampaikan, "Sejalan dengan harapan tersebut, sebagian masyarakat Indonesia yang peduli terhadap nasib bangsa dan negaranya bertekad untuk menyatukan Visi-Misi dalam upaya pembelaan negara dengan membentuk wadah atau lembaga mandiri, independen dan profesional", ucapnya.


Untuk mewujudkan hal tersebut, "Negara dalam hal ini pemerintah bersama rakyatnya dituntut untuk selalu bergerak bekerja dan bekerjasama satu sama lain. Karenanya pembangunanpun diarahkan tanpa kecuali, mulai dari bidang ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, pertahanan dan keamanan serta aspek lain yang dapat mendorong tujuan pembangunan nasional", paparnya.

Komite Investigasi Negara (KIN) dengan azas dasar pancasila dan UUD 45 yang bersifat independen melindungi negara melalui investigasi yang komprehensif dari berbagai Ancaman Tantangan Halangan dan Gangguan (ATHG) dengan tujuan menjaga dan membela NKRI.

Selain itu,  KIN RI dalam melaksanakan tugas investigasi untuk mengurangi potensi kerugian negara dan sebagai control serta monitoring APBD dan APBN di setiap Daerah Kabupaten Propinsi diseluruh wilayah NKRI.

Badan penopang KIN yaitu Badan Intelijen dan Badan Penegak Hukum yang mana beranggotakan dari berbagai lapisan masyarakat.


Sesuai dengan AD/ART KIN, keberadaan KIN ditengah-tengah masyarakat memiliki tujuan dan tugas pokok yang diantaranya terwujudnya keutuhan dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang aman, sejahtera dan berkeadilan.

Selain itu, tambahnya, "Terciptanya masyarakat indonesia yang memiliki semangat dalam bela negara, setia tanpa pamrih dalam rangka melindungi dan terjaminnya kesinambungan pembangunan nasional. Terbinanya seluruh potensi komponen bangsa indonesia yang kuat dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara demi mempercepat terwujudnya masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera berdasarkan pancasila dan UUD 1945", pungkas Staf Khusus WAKA KIN RI Amran Rusnadi, S.T. (Red)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment