Pemdes Cigadog Desa Alamendah Kelola Desa Menjadi Kawasan Wisata

By Teddy 18 Agu 2020 Wisata
Pemdes Cigadog Desa Alamendah Kelola Desa Menjadi Kawasan Wisata


Jawa Barat, mediatopnews.com -- Penataan kawasan wisata dengan tanpa merusak lingkungan alam yang ada kini mulai dibenahi oleh pemerintah yang berlokasi di Cigadog Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (18/8/2020) 

Pesona nan menawan yang terletak disisi gunung Patuha ini penuh dengan udaranya yang sejuk, alamnya masih asri dibarengi kawasan cukup luas, yang pastinya akan membuat para pengunjung akan merasa takjub berada di kawasan wisata ini.

Baca Lainnya :

H. Awan Rukmawan yang merupakan kades Alamendah menuturkan, "Perencanaan wisata ini adalah salah satu kawasan pengembangan tanaman endemik dari berbagai wilayah di Indonesia, hal ini bisa menjadikan sarana edukasi bagi masyarakat luas kedepannya", terangnya.

"Selain pepohonan untuk mempercantik penataan, akan ditanam kembali mulai dari bunga-bungaan, buah-buahan ada kemungkinan sayur-mayur karena Alamendah identik dengan daerah pertanian", katanya.


Dalam penataan tersebut, lanjutnya, "Akan ditambahkan sarana dan prasarana lain seperti taman bermain anak, camping ground, out bond, kolam/water boom dan ada kemungkinan pemandian air panas", ungkap Kades.

"Kawasan yang paling difavoritkan yaitu adanya air terjun Cigadog yang sangat memukau, gemercik air dan bebatuan yang indah menambah suasana semakin betah (apalagi buat selfi)", terangnya.

"Pengembangan wisata tersebut akan ditambah dengan rumah-rumah antik yang akan diatur sedemikian rupa tanpa merusak pepohonan yang ada, juga kios-kios/warungan sebagai pelepas lelah sambil ngopi nyantai", ujarnya.

ALBORETUM FORESTER ini di dasarkan pada kesepakatan bersama antara lembaga-lembaga desa dan musyawarah desa kemudian dituangkan dalam bentuk PERDES, pembangunan mulai digarap dan dikerjakan bersama dengan masyarakat mulai dengan mengunakan anggaran sebagai upah kerja dan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). 

Untuk pengembangan kawasan tersebut H. Awan Rukmawan beserta jajaranya dan lembaga desa seperti BUMDES, LMDH bekerjasama menawarkan kepada seluruh warga desa Alamendah untuk ikut berpatisipasi dalam menanamkan modal invest melalui para ketua RW sewilayah desa Alamendah dalam menaikan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan tarap kehidupnnya.

"Masyarakat yang ikut didalamnya disamping akan mendapatkan keuntungan secara financial mereka juga pada umumnya masyarakat desa Alamendah. Nantinya akan merasakan hasil dan manfaat dari kawasan tersebut sebagai hasil usaha bersama yang diatur PERDES. Jika masyarakat suatu saat nanti ingin bermain ketempat tersebut (AlBORETUM FORESTER) tidak akan dipungut biaya cukup dengan menunjukan kartu tanda identitas (KTP) saja tapi ya kalau mau jajan harus beli", katawa sambil tertawa ramah.


karena barang tersebut adalah barang titipan warga kita juga. Walaupun belum selesai pembangunan untuk memperkenalkan kepada masyarakat ada kemungkinan satu atau dua bulan lagi kawasan wisata ALBORETUM FORESTER akan segera dibuka", pungkasnya.


(GUSNIAWAN SUPARLAN, S.Si, MM)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment