Pemerintah Sosialisasikan Kebijakan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas

By Teddy 25 Nov 2020 Pemerintahan
Pemerintah Sosialisasikan Kebijakan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas


Jawa Barat, mediatopnews.com -- Pelaksanaan program jejaring kerjasama pelaku usaha kesejahteraan sosial masyarakat, dinas sosial dan penanggulangan kemiskinan kota Bandung bekerjasama dengan RBM Kota Bandung melaksanakan kegiatan sosialisasi kebijakan pemerintah dan dukungan masyarakat dalam memberdayakan penyandang disabilitas, bertempat di Harris Hotel & Convention Festival Cytylink Bandung, Jl. Peta No 241, Suka asih, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Selasa (24/11/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Bandung Oded M. Daniel, Ketua RBM Kota Bandung Hj. Siti Muntamah Oded, S.AP., Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas pada Kementerian RI Dra. Eva. Rahmi Kasim, MDS, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Dr. Tono Rusdiantoni, M.Si, Camat se-Kota Bandung, Ketua RBM Kecamatan se-Kota Bandung, Pengurus RBM Kota Bandung dan Koordinator Kader RBM Kecamatan Se-kota Bandung.

Baca Lainnya :


Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Dr. Tono Rusdiantoni, M.Si., menyampaikan laporan pelaksanaan penguatan peran masyarakat pendukung kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan disabilitas di kota Bandung tahun 2020.

Menurutnya, "Kegiatan penguatan peran masyarakat mendukung kebijakan program pemerintah dalam memberdayakan disabilitas di Kota Bandung Tahun anggaran 2020 atas dasar pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Desabilitas dan Peraturan Pemerintah nomor 39 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Dinas Sosial serta Peraturan daerah kota Bandung Nomor 24 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Penanganab Kesejahteraan Sosial," terangnya.


"Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar dapat ikut serta dan mendukung pemberdayaan Disabilitas di Kota Bandung untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para kader RBM guna meningkatkan kapasitas dan kwalitas layanan yang lebih baik dengan tujuan terciptanya sinergitas yang dilaksanakan oleh masyarakat melalui program RBM Rehabilitasi Berbasis Masyarakat serta pemerintah Kota Bandung dalam Pemberdayaan Distabilitas di Kota Bandung," tutup Dr. Tono Rusdiantoni, M.Si.

Ditempat yang sama, Kepala Cabang Yayasan Mizan Amanah Yatim & Dhuafa, Dodi Mulyana mengatakan, "Alhamdulilah saya mewakili dari Yayasan Mizan Amanah tentunya sangat mengapresiasi dan menyambut serta mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, karena layaknya sebagai Yayasan Sosial kami ingin terus bisa membantu semua lapisan masyarakat, salah satunya untuk penanggulangan kemiskinan dan ingin membantu memberdayakan penyandang disabilitas," ungkap Dodi.


"Saat ini kami mendistribusikan 3 unit kursi roda eksklusif kepada penyandang disabilitas yang diserah terima bersama walikota bandung," katanya.

Sementara itu, Pradipta Wibawa selaku Manager Fundraising area Jawa dan Kalimantan menyampaikan, "Saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Yayah, S.H., MAP., dari Dinas Sosial Kota Bandung yang telah mengundang kami dan saya sangat senang bisa ikut hadir di acara seperti ini. Dengan adanya sosialisasi seperti ini tentunya akan banyak membantu masyarakat, salah satunya pemberdayaan disabilitas khususnya di Kota Bandung. Kami sebagai Yayasan Sosial tentunya berharap bisa berperan aktip dapat bersinergi dengan berbagai kegiatan-kegiatan sosial bersama intansi, baik pemerintah, swasta, organisasi ataupun element- element masyarakat lainnya agar bisa terus memberikan manfaat untuk masyarakat luas," terang Pradipta.


Masih ditempat yang sama, Manager Distribusi Nurul Fajrin, mengatakan, "Saya mengucapkan banyak terima kasih atas undangan kepada Yayasan kami, tentunya berkaitan dengan bidang penyaluran/pendistribusian bantuan masyarakat dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini akan menambah wawasan kami untuk dapat berinteraksi dan menyimak langsung apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan kegitan seperti ini kita bisa menyerap dan menyalurkan bantuan sesuai kepada yang berhak untuk mendapatkannya," pungkas Nurul.

Penyandang Disabilitas, Anak Yatim dan Dhuafa serta warga miskin tentunya layak untuk mendapatkan perhatian dan bantuan. Berbagai program pemerintah yang sampai saat ini terus dikumandangkan semoga dapat sesuai dengan harapan. Demikian juga dengan Yayasan-yayasan Sosial yang hadir di seluruh Indonesia agar dapat mengemban amanah yang diberikan.

Sekecil apapun bentuk kepedulian kita pasti akan sangat bermanfaat bagi mereka. Tapi i harus ada bentuk pengawasan dan controlling agar pendistribusiannya dapat terlaksana sesuai dengan harapan.


(Redaksi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment